Resort Wisata yang Ramah Lingkungan

Foto ini diambil di sebuah spot pada sebuah resort wisata di Ciater, Subang. Spot ini dibangun dengan menjadikan lokasi sebagai pusat aktivitas berekreasi di kawasan resort bagi para wisatawan yang menginap sementara. Pada pinggiran danau buatan tersebut adalah tempat bermain, gubuk peristirahatan, dan restoran.

Dengan lokasi yang berada pada kawasan perlindungan setempat, pengelola resort menyelaraskan kondisi kontour, aliran sungai, dan hutan dengan rasio kerapatan gedung/ bangunan, sehingga menjadikan pemandangan pada lokasi tetap alamiah. Tidak seluruh bagian resort diubah menjadi gedung/ bangunan, pohon-pohon dipertahankan berdiri di samping gedung/bangunan. Material bangunan yang ada sebagian besar adalah bambu utuh maupun anyamannya. Aliran sungai dipertahankan dan menjadi tempat rekreasi arung jeram pada segmen sungai yang sesuai.

Resort wisata ini memperlihatkan bahwa tidak harus mengorbankan perlindungan lingkungan dan menempatkan efisiensi ekonomi sebagai yang utama dalam pembangunan sarana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar